Politeknik Astra luncurkan Program D4 Pertama : Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat

Pada tanggal 6 Februari 2023 yang lalu, Politeknik Astra dengan bangga meluncurkan program Diploma 4 yang pertama, dengan nama Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat (TRPAB). Terobosan ini diharapkan dapat semakin memenuhi kebutuhan SDM kompeten bagi dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dimasa kini dan mendatang. Politeknik Astra sebagai salah satu Perguruan Tinggi Vokasi tentu tertantang untuk mewujudkan program yang terus didorong oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi tersebut.

Prosesi Launching Program studi D4 TRPAB, yang dihadiri juga para pejabat dari AHEMCE Group, hal ini menggambarkan komitmen sinergi yang kuat antara dunia Pendidikan dan DUDI dalam mengembangkan program studi D4 yang nantinya diharapkan lulusannya bisa sesuai dengan kebutuhan industry khususnya dibidang industry alat berat

Pendirian Prodi baru ini juga sejalan dengan harapan kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi dimana program studi ini juga harus didukung oleh industri yang relevan dan memiliki komitmen untuk menyerap lulusan prodi D4 tersebut. Astra sebagai pemilik Politeknik Astra dan juga dikenal sebagai industri yang memiliki 7 lini bisnis unggul di Indonesia berkomitmen tinggi dalam pendirian prodi TRPAB, khususnya perusahaan-perusahaan  grup Astra yang tergabung dalam AHEMCE ( Astra Heavy Equipment, Mining , Construction and Energy). Edhie Sarwono, Direktur United Tractor Tbk. Salah satu perusahaan AHEMCE Group berkata “Dahulu saya masih menolak tenaga kerja lulusan D4, karena kualifikasinya belum cocok dengan harapan kami, namun dengan berdirinya prodi D4 TRPAB ini diharapkan Politeknik Astra bisa mengikis Gap lulusan D4 yang ada agar sesuai dengan harapan industri.”

“Saya mengajak seluruh perusahaan-perusahaan AHEMCE group untuk mensupport program studi ini baik untuk fasilitas dan pengembangan dosen dan pengajarnya sehingga lulusan prodi ini bisa sesuai dengan harapan kita” tutup Edhie. Hadir dalam acara launching tersebut para tamu undangan dan donatur dari berbagai industri grup Astra, beberapa dari mereka sudah memberikan komitmennya dengan menghibahkan peralatan praktek penunjang di kampus Politeknik Astra Cikarang antara lain : Donasi 3 Unit Alat Berat (Heavy Dump Truck Komatsu HD465-7, Light Dump Truck Scania P380, Bulldozer Komatsu D85ESS-2) dari PT Pama Persada Nusantara, Donasi 1 unit Safety Dojo dari PT United Tractors, Donasi 1 unit Alat Berat (Forklift FD25C-17) dari  PT Bina Pertiwi.

Peluncuran Prodi D4 TRPAB dilakukan langsung oleh Direktur PT United Tractors Tbk., Edhie Sarwono, Sekretaris Yayasan Astra Bina Ilmu, Yudi Budi Lesmana, dan Direktur Politeknik Astra Tony Harley Silalahi.
Peluncuran Prodi D4 TRPAB juga ditandai dengan penyerahan simbolis Beasiswa AHEMCE untuk 50 orang mahasiswa, Donasi 3 Unit Alat Berat (Heavy Dump Truck HD465-7, Light Dump Truck Scania P380, Bulldozer D85ESS-2) dari PT Pama Persada Nusantara, Donasi 1 unit Safety Dojo dari PT United Tractors, Donasi 1 unit Alat Berat (Forklift FD25) dari  PT Bina Pertiwi.

Pada tahun 2022 yang lalu AHEMCE juga telah menyalurkan 50 Beasiswa untuk mahasiswa Politeknik Astra dari berbagai daerah di Indonesia, hal ini tentunya menjadi kesempatan berharga bagi putra putri bangsa untuk bisa melanjutkan kuliah di Politeknik Astra.

“kami sangat berterimakasih sekali atas dukungan yang diberikan AHEMCE dalam pendirian prodi D4 ini, karena selain alat praktek yang didonasikan  beberapa perusahaan AHEMCE Grup juga sudah berkomitmen untuk menyiapkan tempat On Job Training dan Magang Industri , seperti United Tractor, PAMA Persada Nusantara, Bina Pertiwi dan Kalimantan Prima Persada” ungkap Leo Setiawan salah satu staff pelaksana pendirian Prodi TRPAB, “Untuk kurikulum sendiri kami dibantu oleh United Tractor dan PAMA Persada Nusantara sehingga lulusannya diharapkan memiliki hardskill yang unggul ditunjang softskill , karakter dan leadership yang baik” tutup Leo

Tag

Bagikan Artikel ini