Pernah Bukukan Lebih dari 9000 Pendaftar, ASTRAtech Siap Luncurkan PMB 2023

Momen-pengukuhan-gelar-ahli-madya-Hamdani-Dzulkarnaen-Salim-dalam-Wisuda-ke-XXIV
(Momen pengukuhan gelar Ahli Madya kepada salah satu wisudawan oleh Direktur PT Astra International Tbk sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Hamdani Dzulkarnaen Salim, dalam acara Wisuda Ke-XXIV Tahun Akademik 2022/2023 di Ballroom Hotel Holiday Inn Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat)

JAKARTA – Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Astra (ASTRAtech) akan dilaksanakan pada Sabtu, (28/10/2023).Dalam proses PMB, ASTRAtech selalu bertekad untuk meningkatkan kompetensi pemuda Indonesia agar kelak siap bekerja di dunia industri.

Mengingat Indonesia diprediksi akan mencapai puncak demografi pada tahun 2030-an. Artinya, pada masa tersebut penduduk berusia produktif 15-64 tahun akan lebih banyak dibandingkan yang nonproduktif 65 tahun ke atas.

Puncak bonus demografi ini memang bisa datangkan keuntungan tersendiri untuk Indonesia. Namun, di sisi lain pemuda harus mulai meningkatkan kemampuan agar mampu bersaing di masa mendatang, mengingat usia produktif di tahun 2030 akan lebih banyak dan persaingan di dunia kerja pun semakin ketat.

Oleh sebab itu, ASTRAtech sebagai perguruan tinggi vokasi terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan pemuda Indonesia agar lebih berkompetensi melalui delapan Program Studi (Prodi) yang tersedia. Di antaranya, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Logistik, Diploma-3 Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi, Diploma-3 Teknik Produksi dan Proses Manufaktur, Diploma-3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, Diploma-3 Mesin Otomotif, Diploma-3 Mekatronika, dan Diploma-3 Manajemen Informatika.

Melalui delapan Prodi tersebut, pemuda Indonesia bisa meningkatkan kemampuannya sekaligus belajar menghasilkan berbagai riset teknologi canggih yang mampu menjawab kebutuhan industri. Sementara untuk sistem pembelajaran tentu saja sudah mengikuti perkembangan zaman dan tidak hanya belajar hal-hal yang lampau saja dan diterapkan pula ASTRAtech dual system.

Penerapan ASTRAtech dual system bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar menjadi tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. Penerapan dual system yang dilakukan diantaranya, kurikulum yang dikembangkan bersama perusahaan ASTRA, dosen industri berasal dari perusahaan Grup ASTRA, dipersiapkan juga program magang industri di perusahaan Grup ASTRA, dan lokasi kampus strategis di tengah Kawasan Industri Delta Silicon Cikarang, Jawa Barat.

Kemampuan yang mempuni dari pemuda Indonesia, tentu saja sangat berpengaruh untuk kemajuan negara. Jika semakin banyak pemuda yang berkompetensi, peluang untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih mudah dan dampak panjangnya, pengangguran di Indonesia akan berkurang meski menghadapi puncak bonus demografi.

ASTRAtech sebagai insan pendidikan vokasi terus berupaya untuk berkontribusi meningkatkan kemampuan generasi bangsa agar Indonesia lebih siap menghadapi puncak demografi di masa mendatang.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Direktur PT Astra International, Tbk, Hamdani Dzulkarnaen Salim yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Yayasan yang menaungi ASTRAtech. Dalam sambutannya di Wisuda ASTRAtech ke-24 tanggal 4 Oktober 2024, menyadari Pemerintah tengah berupaya meningkatkan daya saing Indonesia di tengah persaingan Global. Peningkatan daya saing tersebut pun perlu didukung dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. “ASTRAtech merupakan salah satu kontribusi Astra bagi Indonesia dalam meningkatkan jumlah SDM unggul dengan latar belakang pendidikan vokasi untuk menyambut bonus demografi pada tahun 2030 hingga 2040,” tuturnya.

Banyak dari generasi muda menghadapi tantangan ekonomi yang dapat menjadi hambatan dalam mewujudkan ambisi dan potensi mereka. Dalam hal ini, mereka sangat membutuhkan bantuan dalam bentuk beasiswa untuk dapat mengakses pendidikan yang lebih tinggi. Sebagai kontribusi peningkatan kompetensi generasi muda Indonesia, ASTRAtech menyediakan berbagai program beasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk meringankan biaya kuliah.

“Program beasiswa yang ditawarkan adalah Beasiswa Astra yaitu bebas sumbangan pendidikan dan uang kuliah serta mendapatkan uang saku bulanan selama memenuhi prestasi akademik yang dipersyaratkan. Selain itu, ada Beasiswa Merdeka Vokasi dan KIP Kuliah yang ditawarkan untuk calon mahasiswa reguler. Beasiswa Merdeka Vokasi berupa potongan sumbangan pendidikan atau uang kuliah, sedangkan KIP Kuliah berupa pembebasan sumbangan pendidikan dan uang kuliah serta mendapatkan uang saku bulanan bagi peserta yang memiliki KIP (program pemerintah),” ungkap Alexander Widyasaputra, Koordinator Admisi ASTRAtech, Jum’at (20/10/2023).

Proses PMB ASTRAtech akan dilakukan secara online mulai dari pendaftaran hingga proses seleksinya. Sementara untuk tanggal 28 Oktober 2023 mendatang nanti adalah pembukaan PMB batch 1 Jalur Seleksi. Dimana para pendaftar akan mengikuti tahapan seleksi untuk menjadi mahasiswa baru ASTRAtech.

Di tahun lalu PMB ASTRAtech tembus 7000 pendaftar. Oleh sebab itu di tahun ini, khusus untuk PMB batch 1 yang dibuka pada tanggal 28 Oktober mendatang akan digratiskan biaya pendaftaran.

Jadi, jangan lupa untuk nantikan keseruan PMB ASTRAtech di 28 Oktober 2023 mendatang  melalui sosial media kami dan terus update informasi terbarunya, agar kalian tidak ketinggalan untuk menjadi bagian dari ASTRAtech.

Tag

Bagikan Artikel ini