Jadi Awardee IISMAVO, Mahasiswa ASTRAtech Bagikan Pengalaman Asah Kompetensi Diri di Inggris

JAKARTA – Menjadi salah satu awardee (penerima penghargaan) Indonesian International Student Mobility Awards for Vocational Student edisi Vokasi (“IISMAVO”) di Coventry University, Coventry, Inggris, mahasiswa Prodi D3 Manajemen Informatika (MI) Politeknik Astra (“ASTRAtech”) Shandy Diaz Saputra bagikan pengalaman berharganya asah kompetensi diri di Luar negeri.

IISMAVO merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), melalui program ini para mahasiswa yang berasal dari Indonesia bisa merasakan kuliah di kampus ternama luar negeri selama satu semester.

Shandy sudah menjalani masa studi selama empat bulan di Coventry University, Inggris dan dibimbing langsung oleh pakar Supply Chain Management dan Sustainability ternama dari Center for Business in Society (CBiS) Coventry University, Prof. Benny Tjahjono, Ph.D, M.Sc, B.Eng. CBiS adalah salah satu research centre terbesar di Coventry yang berfokus pada riset dan pengembangan dalam bidang kebijakan ekonomi, komunitas, konsumen, dan bisnis, oleh karena itu CBiS memiliki koneksi luas dengan berbagai industri ekonomi dan bisnis.

Dalam program IISMAVO, pria kelahiran 7 Juni 2003 tersebut memperdalam dua mata kuliah, salah satunya ‘Security and Compliance in the Cloud’ yang mempelajari bagaimana cara mengembangkan sistem berkelanjutan baik dari sisi teknologi maupun bisnis.

Selain itu, Shandy juga mendalami mata kuliah ‘Machine Learning and Related Application’. “Mempelajari bagaimana mengembangkan model mesin yang dapat membuat sebuah keputusan untuk menyelesaikan permasalahan,” ungkap Shandy, Senin (11/12/2023).

Shandy menyampaikan bahwa metode belajar di Coventry University, Inggris, tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan oleh ASTRAtech. Penilaian tugas juga bukan berdasarkan pada hasil, tetapi berdasarkan bagaimana proses risetnya, melalui proses tersebut mahasiswa dididik sebagai tenaga profesional yang siap menjawab kebutuhan industri dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

Bukan hanya belajar teori di kampus saja, mahasiswa yang menjalani IISMAVO di Coventry University, Inggris, ini juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan kunjungan industri ke berbagai perusahaan ternama, seperti DHL, JCB, Triumph, Google UK, dan lainnya.

Melalui kunjungan industri tersebut memberikan pengalaman berharga bagi Shandy karena dapat melihat langsung bagaimana implementasi teknologi informasi dan pentingnya digitalisasi dalam dunia bisnis. “Digitalisasi jadi peran utama untuk memaksimalkan potensi produk atau jasa baik dari sisi manajemen, marketing, manufaktur, dan lainnya,” sambung Shandy.

Selain itu, Shandy mengakui banyak sekali pengalaman yang tak terlupakan selama menjalani masa studi di Inggris, seperti sistem dan sarana pendidikan yang baik, akses literasi yang sangat luas, sistem kampus terpadu sehingga bisa digunakan untuk mengakses banyak tempat di Coventry, dan dapat memperluas relasi baik antar mahasiswa mancanegara ataupun dengan pihak industri.

Mahasiswa kelahiran Indramayu ini juga berharap, supaya IISMAVO yang dijalaninya dapat menjadi peluang untuk mengasah potensi diri agar mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan melakukan penelitian pada bidang Teknologi Informasi (IT) di luar negeri khususnya Eropa.

Shandy juga berpesan, agar para mahasiswa yang ingin mengikut jejaknya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan dan pantang menyerah. “Jangan sia-siakan kesempatan, lakukan saja dengan kemampuan terbaik,” ucap Shandy

Prof. Benny Tjahjono Pembimbing Shandy di Coventry University, Inggris, menilai bahwa mahasiswa ASTRAtech tersebut menunjukan performa yang sangat baik selama menjalani masa studi. “Shandy telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam menjalani setiap kegiatan, aktif dalam perkuliahan, dan antusias dalam bekerja bersama timnya untuk menyelesaikan tugas-tugas, khususnya pasca kunjungan ke perusahaan. Shandy juga berperan aktif menyukseskan ICOVEST 2023 yang merupakan festival seni budaya yang diprakarsai oleh awardee IISMAVO Coventry University, yang diadakan pada Kamis 7 Desember 2023,” ucap Prof. Benny.

Kepala Prodi D3 Manajemen Informatika Benedictus Bambang Utomo, S.T, merasa bangga kepada para mahasiswa yang kini tengah menjalani IISMAVO. “Saya sangat bersyukur, bahagia dan bangga kepada anak-anak yang mendapat kesempatan menjalani IISMAVO karena mereka mendapat pengalaman langsung belajar dan tinggal di luar negeri, termasuk mengunjungi langsung perusahaan di luar negeri. Selain menambah  pengalaman dari sisi teknis juga penting bagi perkembangan mental dalam hal keberanian bertanding di level internasional,” ucapnya.

Selain itu, Benedictus juga berharap para awardee IISMAVO bisa mempraktikkan apa yang sudah mereka dapatkan selama menjalani masa studi di luar negeri ketika kembali  ke kampus. “Dimana hal ini akan mendongkrak kompetensi mereka sehingga akan lebih siap bekerja dengan standar kerja yang tinggi di perusahaan manapun,” tutupnya.

Tag

Bagikan Artikel ini