Politeknik Astra Luluskan 12 orang German Bachelor Professional  Bidang Otomotif

Bertempat di Kampus Politeknik Astra Delta Silicon Cikarang, pada tanggal 31 Maret 2023 yang lalu, Politeknik Astra Kembali meluluskan 12 orang German Bachelor Professional (Meister) dalam bidang Otomotif. ini adalah kali ketiga Politeknik Astra berhasil mencetak tenaga kerja yang tersertifikasi internasional, setelah sebelumnya tercatat 21 orang yang sudah lulus dalam program ini. Program sertifikasi German Bachelor Profesional  ini dilaksanakan oleh Astra melalui Politeknik Astra bekerja sama dengan German Chamber of Craft-Industries (HWK) di Koblenz Jerman dan Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID-AHK).

12 peserta program ini sebelumnya mengikuti tahap persiapan yang dilaksanakan sejak bulan Juni 2022. Mereka adalah insan Astra yang bekerja di perusahaan Grup Astra antara lain Toyota Sales Operation (2 orang), Daihatsu Sales Operation (2 Orang), BMW Sales Operation (2 Orang), Isuzu Sales Operation (1 Orang), Peugeot Sales Operation (1 Orang), Astra Agro lestari (3 Orang) dan lulusan Politeknik Astra (1 Orang). Dalam tahap pembekalan ini mereka diajarkan ilmu Pedagogik , pengetahuan tentang Bisnis, Sosial, Hukum dan Keuangan, Teori Otomotif dan Praktek Otomotif.

Ujian sertifikasi sendiri dilaksanakan 27-30 Maret 2023 secara offline. Dalam proses sertifikasi terdapat 3 penguji yang merupakan karyawan Politeknik Astra yang telah bersertifikat, mereka adalah Elroy FKP Tarigan, Fadil Triyastowo, dan Muhammad Dafa. Sedang bertindak sebagai penguji dari Jerman terdapat Mario Monschauer dan Stefan Odenthal, serta penguji dari luar Politeknik Astra adalah Boy Mentang dan  Sendi Suprapto yang berasal dari A200. Bertindak sebagai pengawas dari ujian ini adalah Joachim Syha (ZDK) dan Hardy Hoffmann (Ekonid).

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Mario Monschauer dan Stefan Odenthal dan turut dihadiri rektorat Politeknik Astra, perwakilan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Perwakilan Sales Operation Grup Astra dan para mitra yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini. “YABI tetap memberikan komitmen terbaik kami untuk mendukung keberlanjutan program ini, dan berharap akan lebih banyak lagi peserta yang dapat mengikuti program ini di masa mendatang dan memberikan kontribusi yang lebih signifikan kepada industry sales operation di Grup Astra” ungkap Yudi Lesmana, Sekretaris YABI dalam sambutannya. Hingga saat ini berarti sudah total 33 lulusan yang meraih sertifkat meister melalui program ini. “Setelah program batch ketiga ini selesai kami sudah akan membuka program batch ke 4 dengan kurikulum terbaru yang diadopsi dari Jerman” ujar Tony Harley Silalahi, Direktur Politeknik Astra dalam sambutannya,  “Indonesia dalam hal ini Astra menjadi tempat sertifikasi pertama di dunia diluar Jerman yang mengadopsi kurikulum baru ini.”

Tag

Bagikan Artikel ini