Pelatihan dan  Sertifikasi Tim pengajar Meister Politeknik Astra ke Jerman

Tim pengajar program Bachelor Profesional terus mengasah diri dan mengupdate program yang sudah berjalan untuk 2 batch ini menjadi semakin mutakhir. Terkini pada pertengahan bulan Januari 2023, tim pengajar yang beranggotakan Elroy Fransiskus, Fadil Triyastowo dan  Muhammad Dafa, menyempatkan diri berkunjung di Jerman, negara asal dari program ini guna mengupdate teknologi dan mengupgrade kompetensi dan kualifikasi mereka sebagai pengajar dalam program meister ini.

Pada kunjungan minggu pertama, para pengajar diajak untuk melihat dan mempelajari ujian praktek yang sudah menggunakan sistem ujian terbaru. „terdapat perbedaaan yang sangat besar antara model lama dan baru, khususnya bagian „Project“ zang membutuhkan waktu 4 jam, kebutuhan unit peraga, tools – Equipment  dan spare part. Adopsi ke model baru membutuhkan konsekuensi ketersediaan sarana pendukung“ ungkap Elroy. „Politeknik Astra bisa dibilang sebagai negara pertama tempat uji kompetensi di dunia (diluar Jerman) yang melakukan pembelajaran dan ujian meister ini dengan sistem terbaru.“tutup Elroy.

Selain melihat langsung dan juga mencoba menilai ujian praktkek, mereka berkesempatan juga mengunjungi bengkel BMW Koblenz untuk melihat proses perbengkelan di Jerman dan  mencoba melakukan proses uji emisi dengan standarisasi Jerman. Berlanjut mereka mengunjungi juga tempat ujian praktek di HWK Koblenz dan terakhir mereka juga melihat Berufsschule untuk melihat proses ujian yang dilakukan di berufsschule (1 level sebelum mengambil Meister).

Dan pada minggu kedua, 2 pengajar Meister yaitu Fadil Triyastowo dan  Muhammad Dafa akan melaksanakan ujian sertifikasi EV yang disebut sertifikat high voltage (HV) level 2S, “Puji Tuhan dengan tetap focus dan tenang akhirnya kami berdua dinyatakan lulus sertifikasi ini” ungkap Fadil dengan gembira. “kami bangga bisa melewati sertifikasi ini karena saat ujian kami digabungkan bersama peserta dari Jerman” tutup Dafa.

Tag

Bagikan Artikel ini