Tingkatkan Kualitas Teknik Otomotif, Polman Astra Bekali Lulusan dengan Sertifikasi ber-Level Internast

Awal bulan ini, tepatnya 4 Desember 2017, mahasiswa Polman Astra program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif tingkat akhir, diuji dalam skema sertifikasi kompetensi standar Jerman DIHK (Deutsche Industrie und Handelskammer) untuk bidang Otomotif Mekatronik tahap pertama. Program ini diselaranggakan dalam kerjasam Polman Astra dengan EKONID (Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman).

Sertifikasi DIHK ini merupakan pengakuan kompetensi oleh industri Jerman di seluruh dunia, bagi mereka menempuh program pendidikan Berufsschule, yaitu program vokasi yang berbasis program sistem ganda yang menghasilkan komptensi professional teknikal yang tinggi, serta menjadi persyaratan sebelum menempuh program Meister.

Skema ini inilah yang diadopsi oleh Polman Astra untuk meningkatkan level kompetensi lulusan D3 Pemeliharaan Meknik Otomotif untuk semakin kompetitif. “Polman Astra mengadopsi sertifikasi ini guna meningkatkan daya saing lulusan, dimana mereka tidak hanya memiliki gelar D3 namun juga dapat dibekali dengan kompetensi yang diakui setara dengan level internasional” demikian diungkapkan Yohanes C. Sutama, Kepala Program Studi Pemeliharaan Mesin Otomotif yang merangkap sebagai Koordinator program sertifikasi ini.

Sertifikasi otomotif mekatronik ini terbagi menjadi 2 tahap, dimana Tahap I dilaksanakan di awal tahun ajaran dan tahap II dilakukan di akhir tahun ajaran. Para peserta tes wajib menunjukkan kemampuan mereka dalam menganalisa diagram dan fungsinya, memanfaatkan media komunikasi teknis, dapat memilih alat kerja dan alat ukur yang tepat, bisa malaksanakan dan mendokumentasikan hasil pengukuran, bisa menguraikan problem-problem spesifik berikut solusinya, dan bisa memecahkan masalah dengan pendekatan terhadap prosedur kerja yang ada.

Dalam proses pengujian sertifikasi ini, dosen dan instruktur Polman Astra berperan sebagai assessor yang diakui sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh EKONID. Diantaranya Yohanes C. Sutama, yang sudah lama malang melindang di dunia otomotif khususnya produk dari negara Jerman. Henry Tobing, sekretaris Program Studi Pemeliharaan Mesin Otomotif yang banyak pengalaman dalam industry otomotif, juga Elroy Fransiskus, Dosen Polman Astra yang tahun ini meraih sertifikasi Meister bidang Otomotif dari Jerman.

“Sertifikasi akan selaras dengan program Meister yang tengah dikembangkan Polman Astra, dan juga merupakan pendamping ijasah kelulusan mereka (para mahasiswa), dengan demikian Industri akan lebih yakin merekrut mereka karena telah terkualifikasi dengan standar kompetensi otomotif yang diakui oleh industri” tambah Yohannes C. Sutama.

Tag

Bagikan Artikel ini