Banjir Prestasi Mahasiswa Politeknik Astra di Bulan November

Beberapa mahasiswa Politeknik Astra Kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam berbagai kompetisi level nasional pada periode bulan November 2022 ini. Terkini mereka baru saja mempersembahkan JUARA 2 LOMBA DEBAT SELURUH POLITEKNIK SE-INDONESIA TINGKAT NASIONAL, setelah sebelumnya juga mahasiswa Politeknik Astra menggondol Juara 3 pada lomba “Electrical Competition” di Universitas Negeri Yogyakarta setelah sebelumnya juga meraih Juara IV dalam Anugrah Karya Terpilih IdenTIK 2022 untuk kategori Corporate Social Responsibility.

Sisi softskill mahasiswa dalam 2 tahun terakhir ini telah menjadi proyek khusus dan strategis dalam pembentukan kompetensi mahasiswa. Politeknik Astra yakin bahwa softskill adalah faktor krusial sekaligus fundamental dalam pembentukan hardskill lulusan. Berbagai inisiatif yang dilakukan dengan penerapan 100 point softskill mahasiswa terbukti dapat mendorong pencapaian prestasi mahasiwa Politeknik Astra hingga level nasional bahkan internasional.

Tim kaMibiSa berhasil meraih Juara III Electrical Competition #7 yang diselenggarakan secara rutin oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka adalah Osama R Harfa ,mahasiswa  dari program studi Mekatronika (prodi MK) tingkat 3 dan  M. Arif Rahman mahasiswa prodi MK tingkat 2.

Yang pertama adalah Tim kamibiSa yang beranggotakan anggotanya Osama R Harfa ,mahasiswa  dari program studi Mekatronika (prodi MK) tingkat 3 dan  M. Arif Rahman mahasiswa prodi MK tingkat 2 yang meraih juara III dalam ajang nasional Electrical Competition #7 yang diselenggaraka Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka menyisihkan 25  tim dari Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri dari seluruh Indonesia.

“Awalnya kami ragu menghadapi kompetisi ini karena PLC yang digunakan adalah tipe yang belum pernah kami ketahui dan berbeda dengan PLC yang kami pelajari selama ini” ungkap Osama, “Tapi kami berusaha fokus mempelajari PLC zelio tersebut selama seminggu melalui Youtube” sambung Arif. Mereka bersyukur semua berjalan lancar dan saat ini mereka juga semakin percaya diri karena bertambahnya pengalaman mereka menggunakan PLC dan software yang berbeda. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Instruktur pendamping mereka Pengky Mulyanto dari UPT Otomasi.

Melanjutkan prestasi di ajang sebelumnya, Tim TernakCraft yang beranggotakan Muhamad Azhar Syahrudin dan Muhammad Andhika Dwiki Nugraha  dari Prodi MK Tingkat 2, lalu Pramana Sidik dan Farhanuddin dari Prodi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (Prodi TPM) tingkat 2 menggondol juara IV Anugerah Karya Terpilih IdenTIK 2022 kategori CSR.

Selanjutnya kabar gembira juga datang dari Tim TernakCraft yang beranggotakan Muhamad Azhar Syahrudin dan Muhammad Andhika Dwiki Nugraha  dari Prodi MK Tingkat 2, lalu Pramana Sidik dan Farhanuddin dari Prodi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (Prodi TPM) tingkat 2 pada kompetisi lanjutan yang mereka ikuti berhasil dinobatkan sebagai Juara IV dalam Anugrah Karya Terpilih Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) 2022 untuk kategori Corporate Social Responsibility. Kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika  diharapkan dapat membentuk karya TIK yang mampu memberikan solusi sekaligus mendorong sektor ekonomi digital Indonesia agar berdaya saing di tingkat regional ASEAN maupun global. Penghargaan diserahkan di Hotel Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat pada tanggal 10 November 2022. Tim ini dimentori oleh Harki Apriyanto, selaku dosen sekaligus Kepala Lembaga Pengembangan Produk dan Penerapan Teknologi.

Pressure Tim yang beranggotakan Andreansyah mahasiswa program studi Teknik Produksi dan Proses manufaktur (Prodi TPM) Tingkat 2, M. Andhika Dwiki Nugraha dan Desti Nurditamala keduanya adalah mahasiswa Prodi Mekatronika Tingkat 2 membawa pulang juara II dalam ajang LOMBA DEBAT SELURUH POLITEKNIK SE-INDONESIA TINGKAT NASIONAL

Dan yang terkini, pada tanggal 13 November 2022, Tim Pressure yang beranggotakan Andreansyah mahasiswa program studi Teknik Produksi dan Proses manufaktur (Prodi TPM) Tingkat 2, M. Andhika Dwiki Nugraha dan Desti Nurditamala keduanya adalah mahasiswa Prodi Mekatronika Tingkat 2 memboyong Juara II LOMBA DEBAT SELURUH POLITEKNIK SE-INDONESIA TINGKAT NASIONAL yang diselenggarakan forum komunikasi politeknik Indonesia (FKMPI). Mengambil tema “membangkitkan semarak kebangkitan pemuda politeknik dengan semangat sumpah pemuda dan kepahlawanan”, tim Pressure berhasil menyisihkan Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bali dan Politeknik LPP Yogyakarta. Politeknik Sriwijaya akhirnya dinobatkan sebagai juara setelah mengalahkan Politeknik Astra di babak final.

Tag

Bagikan Artikel ini