Pada 2 Juli 2024, Ibu Rida Indah Fariani berhasil menjalani sidang defense Doktoral (S3) dengan judul “Personalisasi Pembelajaran Bauran menggunakan KNOWLEDGE GRAPH pada Pendidikan Vokasi Tinggi: Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Model.” Sidang ini berlangsung di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia dan dihadiri oleh lima dosen penguji: Prof Dr. Ir. Agus Buono, M.Si (IPB), Prof Heru Suratanto, Ph.D. (UI), Prof. Dr. Indra Budi, S.Kom, M.Kom (UI – daring), Dr. Drs Yugo Kartono Isal, M.Sc. (UI), dan Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom, M.Kom. (UI). Sidang juga didampingi oleh dua dosen pembimbing, yaitu Prof. Dr. Kasiyah, M.Sc. (UI) dan Prof Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. (UI). Sidang berlangsung selama dua jam, dimulai dengan presentasi Bu Rida dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para penguji.
Penelitian Bu Rida dapat menjadi solusi inovatif bagi pendidikan vokasi di Indonesia. Fokus penelitiannya adalah personalisasi pembelajaran bauran (p-PB) yang menggabungkan tiga model: model mahasiswa, model pengetahuan, dan model personalisasi. Model mahasiswa berfungsi untuk mengklasifikasikan mahasiswa berdasarkan tingkat pengetahuan dan gaya belajar mereka. Sementara itu, model pengetahuan diatur berdasarkan tingkat kesulitan dan berbagai dimensi pembelajaran seperti aktif/reflektif, sensorik/intuitif, sekuensial/global, serta visual/verbal. Kedua model ini digabungkan untuk memberikan rekomendasi materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan setiap mahasiswa.
Penelitian Bu Rida telah dipublikasikan di Journal Technologic Knowledge and Learning (Q1) pada tahun 2022 dengan judul “A Systematic Literature Review on Personalised Learning in the Higher Education Context,” yang dapat diakses melalui website https://plearning.cs.ui.ac.id/. Sistem p-PB ini diterapkan di Politeknik Astra dengan dua kelas mahasiswa: satu kelas menggunakan sistem p-PB dan satu kelas lagi menggunakan sistem Learning Management System (LMS) biasa. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi, kepuasan, dan hasil belajar mahasiswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas tanpa sistem p-PB. Dari wawancara dengan 12 mahasiswa, mereka menyatakan bahwa sistem p-PB meningkatkan pemahaman, kepercayaan diri, dan antusiasme mereka dalam belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar masing-masing.
Penelitian Bu Rida memberikan solusi dinamis untuk pendidikan vokasi, meskipun tetap dalam kerangka kurikulum berbasis kompetensi. Sistem p-PB membantu mahasiswa menyerap materi ajar dengan lebih efektif dan membantu dosen dalam merancang target pembelajaran yang sesuai bagi setiap mahasiswa.
Selamat kepada Ibu Rida atas hasil penelitiannya! Semoga ilmunya bermanfaat dan dapat turut memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.