Terus Torehkan Prestasi Bidang Teknik, Bukti Kompetensi Unggul Mahasiswa Politeknik Astra 

Mahasiswa Politeknik Astra Kembali menunjukkan tajinya dalam bidang Teknik sesuai dengan kompetensi yang sedang mereka dalami saat ini di bangku kuliah. Terkini beberapa mahasiswa Politeknik Astra meraih prestasi gemilang dalam ajang Lomba Inovasi Elektro Expo Tingkat Nasional Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang diantaranya mahasiswa Program studi Manajemen Informatika (Prodi MI), yang berhasil menyabet juara I bidang UI/UX Mobile App, lalu masih diajang kompetisi yang sama , Mahasiswa program studi mekatronika (Prodi MK) menempatkan 2 tim sebagai juara 1 dan 3 untuk kategori PLC SCADA. Terakhir di ajang yang lain Mahasiswa Program studi Teknik Konstruksi Bangunan Gedung (Prodi TKBG) atas nama Chardinal Timothy Simatupang menempatkan dirinya sebagai juara 3 lomba Desain 2D & 3D Gapura Budaya Betawi pada ajang yang digelar Universitas Muhammadiyah Jakarta. 

Lomba Inovasi Elektro Expo Tingkat Nasional diselenggarakan pertama kalinya oleh Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang pada tanggal 5-16 Februari 2023. Memperlombakan 4 cabang lomba yaitu PLC SCADA, Robotik, IoT, UI/UX. Tercatat 135 proposal yang masuk mengikuti perlombaan ini dan berasal dari 38 Perguruan tinggi yang tersebar di 11 Propinsi di Indonesia.  

Tim prodi MI beranggotakan 3 orang mahasiswa diantaranya  Robby Fahsya, Muhammad Izzat Ibadurrahman dan Erwinda Yasytafiya, dengan dosen pembimbing Vian Ardiyansyah Saputro, berhak mendapatkan juara I pada bidang lomba UI/UX Mobile App. Sedang mahasiswa Mekatronika mengirimkan 2 tim yaitu Osama Rahmat Harfa, Muhammad Naza Syaifullah dan Mochamad Arif Rahman dinobatkan sebagai juara I kategori PLC Scada dengan proposal bertema Aplikasi SCADA pada Sistem Injection Molding Berbasis Haiwell Cloud dan didampingi oleh dosen pembimbing Afianto. Sedang tim kedua juga berhasil meraih juara 3 dengan anggota tim Muhamad Lutfi, Hamada Nasdatina Firdaus dan Ibnu Haafizha Yoga dengan dosen pembimbing Surawan Setiyadi. 

“ini adalah kali pertama perlombaan ini diadakan oleh Politeknik Negeri Semarang, namun antusiasme para mahasiswa dan Perguruan Tinggi untuk berpartisipasi sangat tinggi dan kualitas proposal yang diterima juga sangat baik,” ungkap Prof. Dr. Totok Prasetyo, B.Eng (Hons), M.T., IPU, ASEAN.Eng, ACP selaku Direktur Politenik Negeri Semarang, “untuk itu kami berkomiten untuk menyelenggarakan kembali di tahun 2024, dengan bertajuk Elektro Expo Jilid 2.” Tutup Totok. 

Ditempat terpisah, dalam rangka Civil Week, Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Lomba Desain 2D & 3D Bangunan Gapura Budaya Betawi tingkat nasional dengan tema the spirit from civil generation to support growth  infrastructure and technology. Adalah Chardinal Timothy Simatupang mahasiswa prodi TKBG yang berhasil menyabet juara 3 lomba ini. Chardinal didampingi oleh dosen pembimbing Dica Rosmayanto. Acara terselenggara pada tanggal 23-26 Februari 2023 di kampus Teknik UMJ. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi baik negeri ataupun swasta dari seluruh Indonesia. 

Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi sivitas akademika Politeknik Astra, sekaligus menunjukkan kemampuan Skill mahasiswa Politeknik Astra yang digembleng dengan kurikulum, dosen pengajar dan fasilitas praktek yang mumpuni bisa bersaing dan unggul dalam berbagai kompetisi bidang Teknik.

Tag

Bagikan Artikel ini