Program Studi TPM ASTRAtech Raih Predikat Akreditasi Unggul

Kabar membanggakan datang dari Proses Akreditasi Program Studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (Prodi TPM) ASTRAtech, dimana pada tanggal 21 April 2023 yang lalu melalui Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik) No. 0085/SK/LAM Teknik/VD3/IV/2023 dinyatakan terakreditasi dengan peringkat Unggul. Dinyatakan dalam sertifikat tersebut bahwa ketetapan ini mulai berlaku sejak diterbitkan 21 April 2023 hingga 20 April 2028. Pemeringkatan ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan karena di periode sebelumnya prodi TPM masih memperoleh peringkat B. 

LAM Teknik sendiri merupakan lembaga akreditasi yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2021 yang lalu. Badan ini merupakan badan tetap otonom dari Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk masyarakat pendidikan bidang keteknikan dan keprofesian insinyur. LAM Teknik mengembangkan instrumen akreditasi yang merujuk pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan disesuaikan dengan ciri khas rumpun keilmuan bidang keteknikan di bawah pembinaan dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Sesuai dengan Peraturan BAN-PT Nomor 9 Tahun 2020, saat ini proses akreditasi program studi dengan rumpun Teknik seperti Prodi TPM ASTRAtech sudah dialihkan dari sebelumnya BAN-PT digantikan oleh LAM Teknik. 

Persiapan akreditasi sudah dilaksanakan sejak tahun 2022 yang lalu dan tim Prodi TPM dibantu oleh tim Badan Penjaminan Mutu (BPM) ASTRAtech mengirimkan dokumen resmi ke LAM Teknik pada tanggal 10 Januari 2023 yang lalu dan dan pada tanggal 2-3 Maret 2023 dilakukanlah Asesmen Lapangan yang dilaksanakan oleh 2 orang asesor yaitu Firdaus, S.T., M.T. yang bertindak sebagai ketua dan Prof. Dr. Ir. Muji Setiyo, S.T., M.T. sebagai anggota asesor.  

Hasil asesmen lapangan dinyatakan sangat memuaskan dan akhirnya akreditasi prodi TPM bisa memperoleh nilai 369 (kategori Unggul). “Astra dalam hal ini Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan ASTRAtech (ASTRAtech), sehingga implementasi link and match ASTRAtech dengan perusahaan-perusahaan Grup Astra terutama dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) bisa terlaksana dengan sangat baik” ungkap Firdaus, “tetap terbuka potensi untuk perbaikan dan peningkatan terus sehingga tidak berpuas diri dengan nilai yang diperoleh”, tutupnya. 

Program Studi TPM ASTRAtech Raih Predikat Akreditasi Unggul

Program Studi D3 Teknik Produksi dan Proses Manufaktur menjadi program studi pertama di ASTRAtech yang meraih predikat Unggul dari LAM-Teknik 

Tag

Bagikan Artikel ini