Program Penerimaan Mahasiswa Baru Polman Astra Program Beasiswa Astra 2019

Proses Pelaksanaan Tes Seleksi Program Beasiswa Astra tahun 2019 sudah dimulai sejak 16 Januari 2019 yang lalu dan saat ini tes telah memasuki tahap tes wawancara, seperti komitmen dari PT Astra International Tbk dalam upaya mengembangkan SDM di Indonesia melalui pendidikan vokasi, Program Beasiswa ini secara rutin setiap tahun dibuka kepada khalayak umum dan sudah dimulai sejak tahun 2009 yang lampau. Beasiswa sendiri menyasar kalangan kalangan pelajar tingkat menengah atas yang memiliki prestasi akademik yang baik selama studinya dan juga memprioritaskan kepada mereka yang  berasal dari kalangan tidak mampu. Program yang menyediakan kursi sebanyak 35% dari kapasitas total mahasiswa di Polman Astra ini memang memberikan tawaran yang menarik bagi masyarkat dengan membebaskan penerima beasiswa dari uang kuliah selama di Polman Astra dan juga pemberian uang saku setiap bulannya. Hal ini tentu juga bisa menarik minat anak anak lulusan sekolah menengah atas untuk mau melanjutkan pendidikan di lajur pendidikan Vokasi dan pemberian keringanan biaya ini  diharapkan juga bisa menjaring anak anak tidak hanya dari pulau Jawa namun juga dari luar pulau Jawa untuk mau kuliah di Jakarta.

Program Beasiswa Astra tahun 2019 telah dibuka sejak tanggal 1 November 2018 dan ditutup pada tanggal 13 Januari 2019 yang lalu, tercatat  3.915 pendaftar melamar untuk bisa mendapatkan program beasiswa ini. Antusiasme masih dominan muncul dari siswa siswi di pulau Jawa, namun sebaran calon mahasiswa juga semakin luas dengan munculnya calon mahasiswa khususnya dari daerah Timur Indonesia termasuk NTB, NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua. Hal ini tentu tidak terlepas dari jalinan yang sudah mulai dilakukan oleh Polman Astra dengan SMK di Provinsi Maluku. Saat ini Polman Astra telah bekerjasama dengan SMK Siwa Lima St Yosep Langgur sebagai SMK binaan di daerah Maluku Tenggara.

Hal yang menarik dari Pendaftaran Program beasiswa Astra tahun ini adalah dimana antusiasme calon mahasiswa terhadap peminatan program studi Teknologi Kontruski Bangunan Gedung (TKBG) yang sangat tinggi, padahal program studi ini baru akan menjalankan angkatan keduanya tahun ini. Sebanyak 435 calon mahasiswa mendaftarkan diri pada program studi ini. Program ini memang didirikan sejalan dengan langkah bisnis Astra yang juga mulai menggeluti bidang properti saat ini. Untuk program studi yang paling diminati tahun ini masih sama juga dengan tahun tahun sebelumnya yaitu program studi Sistem Informasi (SI) dan juga Mesin Otomotif (MO).

Saat ini proses seleksi sudah memasuki tahap wawancara, setelah sebelumnya seluruh peserta yang lolos tahap administratif disaring dahulu dalam tahap tes tertulis. Tes tertulis dilaksanakan sejak tanggal 16 Januari 2019 hingga tanggal 9 Februari 2019. Pelaksanaan Tes tertulis terlaksana di 19 kota di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses para peserta tes dalam tahap seleksi ini. Polman Astra berharap bisa mendapatkan bibit-bibit terbaik dari proses seleksi ini untuk mengisi kuota Beasiswa Astra tahun ini, sehingga cita cita untuk senantiasa mencetak SDM Indonesia berkulitas yang siap menunjang industri manufaktur bisa terwujud. 

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terbaru