Polman Astra menyelenggarakan Pelatihan Microsoft Office untuk siswa SMA/SMK sekitar lingkungan Polman Astra

Perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat kembali menjadi fokus Polman Astra hingga akhir tutup tahun 2017. Pada tanggal 11-14 Desember 2017 , LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) bekerjasama dengan Program Studi Manajemen Informatika dan UPT Informatika menyelenggarakan Pelatihan Microsoft Office Basic untuk siswa SMA/SMK sekitar lingkungan Polman Astra. sebanyak 50 siswa SMA/SMK disekitar lingkungan Polman Astra berpartisipasi dalam program ini.

“Kemampuan menggunakan komputer merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki sumber daya manusia sebagai prasyarat masuk dalam dunia kerja. Untuk itu penguasaan kompetensi tersebut perlu dimiliki oleh siswa siswi SMA/SMK , terutama di lingkungan sekitar kampus polman astra, agar dapat meningkatkan daya saing mereka” demikian diutarakan Radix Rascalia, Sekretaris Program Studi Manajemen Informatika. Perkembangan teknologi Informatika (IT) akhir akhir ini memang sangat pesat dan hal inilah yang menjadi latar belakang keinginan Polman Astra untuk membagikan kompetensinya kepada masyarakat sekitar. Tak bisa dipungkiri saat ini IT sudah merasuk ke semua bidang pekerjaan, termasuk sektor sektor pekerjaan yang nantinya akan ditempati oleh lulusan lulusan SMA/SMK. “Sebetulnya Program studi Manajemen Informatika dan mahasiswanya perlu bisa menangkap permasalahan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar dan menawarkan alternatif solusinya berbasis teknologi informasi. Rasanya bisa dijajaki kerjasama dengan organisasi di lingkungan sekitar untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat semacam ini” demikian diungkapkan juga oleh Radix menanggapi rencana kelanjutan dari program pengabdian kepada Masyarakat ini.

“kami melibatkan tidak hanya instruktur dalam program ini, namun kita juga melibatkan mahasiswa untuk bisa mengajar di program ini. Hal ini tentunya untuk menjadi bekal pengalaman dan penambahan wawasan bagi para mahasiswa kedepannya” demikian dijabarkan Yunita Sari, salah satu intruktur pelaksana program pelatihan ini. ”Kompetensi siswa SMA/SMK untuk menguasai Microsoft Word, Excel, Power Point sudah menjadi keharusan saat ini, bahkan saat mereka magang di perusahaan kemampuan itu sangat dibutuhkan” sambung Yunita Sari. Polman Astra akan secara rutin melaksanakan program program pengabdian masyarakat seperti ini setiap tahunnya dan cakupan pesertanya juga akan diperluas.

Tag

Bagikan Artikel ini