Peresmian Workshop dan Laboratorium Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung Polman Astra

Polman Astra meresmikan Workshop dan Laboratorium khusus untuk program studi (prodi) Teknologi Kontruksi Bangunan Gedung (TKBG) yang tahun ini menjalankan angkatan pertamanya. Workshop dan Laboratorium yang berdiri di lahan milik PT Astra International di jalan Gaya Motor Raya No.1  ini memang dikhususkan untuk peruntukan praktek prodi TKBG. Peresmian dihadiri langsung oleh Tony Harley Silalahi , Direktur Polman Astra, Tonny Pongoh, Wadir I Polman Astra , Agung Sampurno , Wadir II Polman Astra dan pejabat terkait dari Polman Astra.

“Sebagai institusi pendidikan vokasi, laboratorium menjadi sarana yang sangat penting, agar mahasiswa bisa terampil dalam mengasah kompetensinya. Polman Astra juga bekerjasama dengan PT. ACSET untuk menyediakan laboratorium lapangan dalam kuliah praktek kerja lapangan. Hal ini ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan terjun ke dalam dunia kerja.” Demikian keterangan dari Agung Kaswadi yang ditunjuk menjadi koordinator pendirian program studi ini. “saat ini sudah tersedia workshop Bricklaying dan workshop Plumbing , yang kita prioritaskan dibangun terlebih dahulu karena dibutuhan untuk materi praktek mahasiswa di semester satu” demikian penjelasan dari Mohamad Sukantara, salah satu Instruktur Prodi TKBG. Kedepan pihak GA Polman Astra juga sedang mempersiapkan pembangunan fasilitas tahap kedua di lokasi yang sama. “Targetnya di bulan Februari (2019), akan ada pengadaan untk workshop baja, laboratorium uji bahan, dan laboratorium ukur tanah/surveying” lanjut Sukantara. Diharapkan dengan kelengkapan fasilitas yang ada bisa menyempurnakan implementasi “Astra Dual System” khususnya di Prodi TKBG. “kita menyiapkan peralatan selengkap mungkin dan disesuaikan dengan update terkini, karena kedepan harapannya workshop dan Laboratorium ini juga bisa digunakan untuk tempat pelaksanaan sertifikasi SKA/SKT (Sertifikat Keahlian/Sertifikat Keterampilan)” tutup Sukantara.

Dalam kata sambutannya Wadir I Polman Astra,Tonny Pongoh mengajak kita semua bersyukur atas apa yang kita sudah siapkan kali ini, “memang masih jauh dari sempurna , namun saya mengajak seluruh mahasiswa untuk tetap bersemangat dalam belajar, karena secara bertahap semua kebutuhan fasilitas praktek yang dibutuhkan pasti akan disiapkan. Dan kalau saat ini kalian secara fisik akan terpisah dengan rekan-rekan Prodi lain karena berbeda lokasi praktek, diharapkan tidak membuat kalian menjadi minder, karena kalian tetap adalah bagian dari Polman Astra.” Senada dengan Tonny, Tony Harley Silalahi, Direktur Polman Astra menyampaikan rencana pembangunan Kampus Baru Polman Astra di Cikarang, beliau melihat apabila rencana pembangunan bisa berjalan lancar Polman Astra akan memiliki area sendiri yang cukup luas untuk mengembangkan kebutuhan fasilitasnya, termasuk seluruh kebutuhan dari program studi TKBG .

Seluruh mahasiswa program studi TKBG angkatan I sejumlah 16 orang akan menjalani Praktek di workshop dan Laboratorium  yang baru ini.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terbaru