E-nnovAction 2018 : Kick off QCC dan SS karyawan Polman Astra sudah dilakukan, Mari Polmaners, kita turut berperan serta!!

Genderang semangat berinovasi di Polman Astra kembali ditabuh, tanda dimulainya konvensi QCC (Quality Control Circle) dan SS (Suggestion System) bagi karyawan Polman Astra.  Acara sendiri sudah diawali dengan Pembekalan untuk para fasilitator pada tanggal 1 Maret 2018 yang lalu. Dimana sebagai narasumber, Polman Astra mengundang para praktisi QCC di Astra Grup antara lain : Herry Patria dari PT Indokarlo Perkasa, Emil Malik dari PT Kayaba dan Sri Prahyoto dari PT Aisin Indonesia. Para fasilitator yang menjadi peserta training sendiri rata-rata adalah kepala departemen atau kepala seksi yang nantinya diharapkan bisa menjadi motor penggerak munculnya kegiatan QCC dan SS di unitnya masing-masing. Pembekalan ini dirasakan sangat diperlukan, karena merubah budaya khususnya para anak buah untuk mau pro aktif melakukan improvement dan konsisten melakukannya bukanlah perkara yang mudah. “Fasilitator diharapkan bisa memberikan bantuan dalam memperlancar proses komunikasi dalam suatu kelompok kerja karena kemampuannya dalam menstrukturkan dan memandu partisipasi anggota-anggota kelompok” demikian diungkapkan Farah salah satu anggota Komite Inovasi Polman Astra, “Perbedaan yang signifikan dengan pembekalan-pembekalan sebelumnya adalah materi yang disampaikan berasal dari para ahli inovasi yang tergabung dalam Komite QCC PT Astra Otoparts. Selain materi teoritis, para peserta  dihadapkan pada studi kasus di mana mereka harus menilai anggota-anggota kelompoknya dari sisi teknikal dan psikologis untuk dapat menentukan who will be the next leader “ lanjut Farah.

Komitmen manajemen Polman Astra terhadap budaya improvement bisa terlihat tahun ini dengan dibentuknya komite Inovasi Polman Astra yang diresmikan pada acara Academic Days 2017 yang silam dan saat ini team yang dikomandoi Harki Apriyanto sudah mulai menjalankan program-programnya. Dengan tajuk E-nnovAction, Energy for a Better Life , Harki mengungkapkan tahun ini merupakan proses lanjutan dari apa yang telah dicapai tahun tahun sebelumnya, dimana budaya improvement sudah dimulai  dan terus digalakkan dikalangan sivitas akademika Polman Astra. Pada tanggal 12 Maret 2018 kemarin sebagai tanda dimulainya gelaran konvensi QCC dan SS karyawan , bertempat di ruang kelas 403-404 dilakukanlah kick off yang dihadiri seluruh karyawan Polman Astra.

Tahun ini Komite Inovasi Polman Astra juga sudah menyediakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa terbaik program studi Sistem Informasi, melalui aplikasi ini diharapkan membantu Polman Astra dalam menjalankan dan memantau berjalannya proses “KAIZEN”. Terdapat 2 proses “KAIZEN” yang ada pada aplikasi yaitu Suggestion System (SS) dan Quality Control Circle (QCC). “Aplikasi dapat mendokumentasikan setiap kegiatan improvement individu berupa SS serta kegiatan improvement kelompok berupa QCC  dan mengharuskan Setiap atasan mengetahui kegiatan improvement yang dijalankan oleh bawahannya dan memberikan umpan balik terhadap bawahannya” demikian dijelaskan Sisia , anggota dari komite innovasi Polman Astra yang juga bertindak sebagai pembimbing dari mahasiswa yang membangun aplikasi ini. “Untuk manajemen, atasan dan komite dapat memantau tingkat keaktifan improvement setiap tahunnya. Bahkan bisa diketahui mana individu ataupun departemen yang paling aktif. Mereka juga dapat memantau proses berjalannya QCC termasuk sampai sejauh mana sudah melakukan QCC. Aplikasi juga menyediakan dokumen2 standarisasi yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Kemudahan pencarian data lampau juga terkadang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah” lanjut Sisia dalam keterangannya. Beliau berharap melalui aplikasi ini seluruh karyawan bisa lebih termotivasi lagi dalam melakukan kegiatan improvement.

Tony Harley Silalahi yang juga berkesempatan memberikan kata sambutan dalam acara kick off ini mengingatkan betapa pentingnya inovasi dalam kehidupan kita, bagaimana perusahaan bisa menjadi sangat besar kalau seluruh karyawannya memiliki keinnginan untuk terus berinnovasi. Untuk itu beliau berharap tahun ini keterlibatan karyawan Polman Astra dalam mengikuti konvensi QCC dan SS sendiri bisa bertambah dan di era digitalisasi saat ini beliau berharap agar inovasi bisa diarahkan untuk pemanfaatan media media digital khususnya untuk meningkatkan kinerja di area kerja masing-masing.

Kick off sendiri ditandai dengan pemberian cap tangan oleh seluruh karyawan yang hadir dimulai dari para manajemen, hal ini adalah bentuk komitmen bersama seluruh level di polman astra untuk mensukseskan konvensi QCC dan SS untuk karyawan tahun 2018.

video E-nnovAction 2018 : Kick off QCC dan SS karyawan Polman Astra sudah dilakukan, Mari Polmaners, kita turut berperan serta!!

video [Academic Days Polman Astra 2018] Training Fasilitator

Tag

Bagikan Artikel ini