12 Peserta Program Bachelor Profesional Terima Sertifkat Ausbildung der Ausbilder

Pada tanggal 14 September 2022 dengan bangga Politeknik Astra mengadakan seremoni penyerahkan sertifikat ADA (Ausbildung der Ausbilder) kepada 12 peserta pelatihan Astra Bachelor Professional (BP) -Automotive mechatronic batch 3. Prosesi penyerahan sertifikat dilakukan sendiri oleh Hardy Hoffmann, Head Training & Education The German-Indonesian Chamber of Commerce and Industry (AHK Indonesien / EKONID) sebagai penguji, didampingi oleh Direktur Politeknik Astra, Tony Harley Silalahi.

Surya Agus Wardana (berdiri tengah), Alumni Politeknik Astra yang mengikuti program BP menerima sertifikat ADA dari Hardy Hoffmann (berdiri paling kanan), Head Training & Education The German-Indonesian Chamber of Commerce and Industry (AHK Indonesien / EKONID) didampingi oleh Tony Harley Silalahi (berdiri paling kiri), Direktur Politeknik Astra.

Pelatihan program Astra Bachelor Professional (BP) batch 3 yang merupakan kerjasama Politeknik Astra dengan EKONID, Zentralverband Deutsches Kraftfahrzeuggewerbe (ZDK) dan Handwerkammer (HWK) Koblenz, sudah dimulai sejak bulan Juni 2022 yang lalu dan diikuti oleh 12 peserta yang berasal dari perusahaan Grup Astra antara lain Toyota Sales Operation, Daihatsu Sales Operation, BMW Sales Operation, Isuzu Sales Operation, Peugeot Sales Operation, Astra Agro Lestari dan juga alumni dari Politeknik Astra. khusus untuk persiapan sertifikasi ADA, para peserta diberikan pembekalan mulai dari 9-16 Juni 2022, baik itu berupa materi Teori dan juga praktek, tim pengajar persiapan ini didukung langsung dari EduKadin-Jateng (Lembaga Pelatihan KADIN- Jawa Tengah). Setelahnya mereka akan diuji oleh tim penguji dari EDUKadin untuk dilihat kelayakan mereka mendapatkan sertifikat tersebut. Ujian ini diawasi langsung oleh pihak EKONID.

“Sertifikasi ADA adalah salah satu prasyarat untuk mendapatkan sertifikat BP secara utuh, sertifikasi ini lebih menilai kemampuan pedagogik atau mengajar, dimana penguasaan  kompetensi pedagogic akan sangat membantu pengembangan SDM di area kerjanya, terlebih menambah kesadaran bahwa proses pembelajaran bukan hanya berlangsung di kelas namun bisa dilakukan bersamaan dengan aktivitas rutin pekerjaan.” dijelaskan oleh Elroy Fransiskus, kepala Unit Sertifikasi Internasional Politeknik Astra, “Disamping kompetensi pedagogik (ADA) nantinya peserta program BP harus lulus 3 bagian lainya, yaitu: Teori Otomotif, praktek otomotif, serta kemampuan ekonomi, bisnis, hukum, social dan finance” ungkap Elroy.

Foto bersama 12 peserta pelatihan Astra Bachelor Professional (BP) -Automotive mechatronic batch 3 bersama penguji dan penyelenggara program. Para peserta berasal dari Perusahaan Grup Astra dan alumni Politeknik Astra.

“menurut pengalaman kami, penguasaan kompetensi pedagogik pada aktualisasinya akan menjadi   langkah kaderisasi yang paling efektif bagi para pekerja muda yang melakukan kerja magang di tempat kerja para peserta” imbuh Jerry F Mailoa, yang saat ini menjabat sebagai Program Advisor.  ”Perjalanan masih Panjang buat kalian peserta program BP batch 3, akan banyak program pembekalan hingga bulan Maret 2023 mendatang, hingga nanti kalian akan menghadapi final tes. Tetap jaga semangat dan motivasi kalian menuntaskan program ini.” tutup Tony Silalahi seraya mengucapkan selamat kepada para peserta.

Tag

Bagikan Artikel ini